Pages

selamat datang blog pribadi kangmardi

Wednesday, June 17, 2020

Menulislah Dengan Gaya Kita Sendiri !


Malam ini Cikgu Tere akan sharing pengalaman menulis resume. Cikgu Tere akan berbagi kisah tentang tips dan trik menulis resume.

Siapa sosok cikgu Tere?
Nama lengkap Theresia Sri Rahayu, S.Pd.SD. Saat ini mengajar di SDN Waihabur, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur. Lebih lengkap tentang cikgu Tee dapat dilihat di blog : https://www.cikgutere.com


Meskipun sudah lama memiliki akun blogger namun baru sekitar bulan Oktober beliau termotivasi untuk  untuk menulis, oleh temannya yang juga seorang blogger. Pertama kali menulis sekitar bulan Pebruari setelah ketika melihat postingan teman di FB tentang resume dari kegiatan belajar menulis bersama Om Jay kemudian ikut bergabung di Gelombang 4. Baru pertama kali mengikuti model pelatihan melalui WHATSAPP Grup (WAG). Ketika mendapat tugas resume beliau mencari informasi tentang resume, cara membuatnya serta tips dan trik mudah untuk membuat resume dan menulis resume beliau mencoba meniru gaya menulis beberapa orang, namun beliau merasa kaku dan idenya tidak mengalir dengan lancar. Namun setelah materi berjalan beberapa kali dan sesuai anjuran Om Jay untuk melakukan blogwalking timbul rasa percaya diri saat menulis resume

Yang membuat bangga seorang blogger pemula adalah ketika hasil resume yang kita buat lalu kita posting di blog, dibaca oleh orang lain bahkan diberikan komentar. Itu membuat beliau tertarik memasang gadget statistik di laman blog untuk memantau trafik pengunjung di blog

Pengalaman menarik saat mengikuti kegiatan belajar menulis bersama Om Jaya, ketika salah satu narasmber memberikan tantangan pada peserta untuk lomba menulis resume dengan cepat. Bagi yang tercepat akan mendapatkan hadiah. Dengan kondisi daerah yang lagi mati listrik berjuang menulis resume sampai selesai pukul 01.00 Wita dan langsung membagikan di laman FB narasumber. Hari berikutnya narasumber mengontak beliau dan hasil resume dinyatakan masuk 10 besar.

Setelah pengalaman tersebut menambah motivasi dalam menulis dengan motivasi untuk berprestasi. Banyak motivasi untuk menulis, tapi menurut beliau motivasi menulis ada 2 yaitu untuk berbagi/sharing dan untuk berprestasi. Dari beberapa resume yang mendapat hadiah atau penghargaan yaitu :
1.   Resume tercepat
2.   Resume terbaik
3.   Tulisan terbaik dan inspiratif
4.   Blogger inspiratif dari Ikatan Guru TIK dan Penerbit Andi Yogyakarta.

Menulis resume ala Cikgu Tere
1.      Menulis resume sesegera mungkin, selagi topik itu hangat. Tujuannya agar tidak semakin banyak uraian yang terlewat.
2.      Menulis resume sesuai dengan gaya menulis kita sendiri. Just be your self.
3.      Tangkap point penting materi dr narasumber, modifikasi dengan kalimat sendiri (jangan asal copas materi dari chat)
4.      Gunakan pengantar yg menarik sebelum masuk di isi resume (biasanya saya menghubungkan dengan kehidupan saya, misalnya topik Menerbitkan Buku di Penerbit Mayor, maka saya awali dgn pengantar bahwa sejak kecil saya suka membaca buku dan ada mimpi suatu saat saya besa menulis buku dan buku saya dipajang di rak buku sebuah toko buku besar"
5.      Gunakan heading dan sub heading agar resume terkesan lebih rapi tatanannya. Selain itu, penggunaan heading dan sub heading akan membantu pembaca memahami struktur tulisan.
6.      Tulislah resume dengan sepenuh hati. Bukan karena sekedar ingin mengerjakan tugas dari Om Jay. Ketika kita sdh menulis resume dgn sepenuh hati, maka pasti kita akan melakukan effort yang lebih dari orang lain / blogger yg lain.
-          Menentukan judul resume yg wow
-          Mencari referensi terkait topik
-          Merancang "pasar" resume kita dan melakukan strategi promosi
-          Merancang tampilan / visual resume dgn menambahkan gambar atau video di resume kita.
-          Melakukan editing sederhana (PUEBI)

7.      Cari informasi terkait narasumber yang akan kita tulis materinya melalui resume. Semakin kita lengkap dalam memberikan gambaran narasumber, maka point kita akan menjadi lebih baik daripada peresume yang lain. Caranya : stalking akun medsos narasumber (FB, instagram, dll)
8.      Gunakan aplikasi atau alat - alat lain yg mendukung kita dalam menulis resume, misalnya jika ada narasumber yangg memberikan materi melalui youtube, maka putar videonya di hp, sambil ketik resumenya. Atau jika ada narasumber yang menyampaikan materi melalui voice note, gunakan aplikasi voice to text untuk mengubahnya menjadi text.
9.      Lakukan blog walking utk mencari informasi yang mungkin terlewat serta mencari inspirasi menulis.

Simpulan:
Menulis resume banyak manfaatnya. Menambah pengetahuan, mengikat sari - sari ilmu, dan menajamkan pola berpikir kita. Jika kita mengaktifkan diri menulis resume dgn baik dan sepenuh hati, niscaya banyak keajaiban akan terjadi. Maka, buktikanlah sendiri.

Sesi tanya jawab bersama Cikgu Tere, klik tautan berikut:
http://www.mardiyanto.web.id/2020/06/tanya-jawab-bersama-cikgu-tere.html

9 comments:

idhostinger