Pages

Selamat Datang di website pribadi kang mardi

Jumat, 19 Juni 2020

Ikatlah Ilmu Dengan Tulisan


Waktu berlalu dengan cepatnya tak terasa, kegiatan belajar menulis dan menerbitkan buku bersama OM Jay malam ini sudah memasuki pertemuan ke 9. Malam ini hadir sebagai nara sumber adalah Siska Destiana. Seorang yang berpengalaman di bidang Public Relation, Trainer dan Public Speaking, Jurnalistik, Marketing dan Komunikasi, Parenting, Bahasa Inggris, Standart Operating Procedure Development, Training Development (terutama di bidang Pendidikan), Menulis serta Editing.

Mengapa kita harus menulis?
1.   Dalam konteks ajaran Islam rasul bersabda ikatlah ilmu dalam tulisan. Menulis merupakan bentuk knowledge managemen (managemen pengetahuan). Sebagai contoh kita menulis di blog tentang aktifitas keseharian, berbagi tentang kepakaran, wawasan atau sesuatu yang kita kuasai kepada orang lain dalam bentuk tulisan.
2.   Merupakan jejak langkah kita, kita bisa bercerita kepada orang lain pernah ke suatu tempat, pernah mempunyai pengalaman kerja, pernah melakukan sesuatu, pernah punya ide atau gagasan
3.   Legalisasi atau mematenkan ide kita kita, jangan sampai kita punya ide sudah bicarakan kesana-kemari tetapi di kemudian hari orang yang mendengar ide kita malah membuat dan memproduksi ide atau gagasannya yang diakui sebagai miliknya.

Materi yang beliau sampaikan malam ini adalah menulis karya non fiksi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) non fiksi adalah tidak fiksi, tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan (tentang karya sastra, karangan, dan sebagainya. Karya Non fiksi adalah karya inovatif dimana penulis bertanggung jawab penuh atas kebenaran dan akurasi informasi yang diberikan Ragam karya non fiksi antara lain :
1.   Berita Berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa hangat. Teknik dalam menulis berita dibedakan menjadi hard news dan feature. Dalam hard new berita          ditulis secara lugas dan singkat. Berita bersifat to the poin dan tidak bertele-tele. Sedangkan dalam      feature, berita disajikan dengan penuh informatif tetapi juga menghibur. Berita ini tergolong artikel  kreatif. 
2.   Esai adalah karangan prosa yang membahas masalah sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Esai sering disebut juga sebagai opini. 
3.   Catatan Perjalanan tulisan tentang proses sebuah perjalanan atau ulasan tentang apa yang ditemui dalam perjalanan tersebut.  Contohnya, ulasan mengenai tempat yang dikunjungi, budaya daeah,      makanan khas, dan seterusnya. 
4.   Artikel informatif adalah tulisan yang berisi informasi tentang suatu hal. Tujuannya adalah untuk menambah pengetahuan pembaca. Isi artikel informatif isinya murni informasi. Dalam bahasa populer sering pua disebut dengan artikel feature. 
5.   Best praktis adalah tulisan tentang pengalaman terbaik dalam menyelesaikan suatu permasalahan.      Best practice biasanya dibuat oleh para pendidik atau mereka yang teribat dalam dunia pendidikan.  Selain sebagai lesson study, produk tulsan best practice juga bisa menjadi masukan bagi pemerintah untuk memperbaiki kualitas pendidikan.

7 komentar:

idhostinger