Pages

Selamat Datang di website pribadi kang mardi

Senin, 15 Juni 2020

Mengasah Kemampuan Menulis Menggunakan Blogger

Siapa sosok Mas Brian?
Lahir dengan nama lenghkap Brian Prsetyawan di Jakarta 30 Juni 1992, menyelesaikan pendidikan S1 PGSD saat ini mengajar di SDN SUMUR BATU 01 PAGI. Aktivitas ngeblog dimulai sejah tahun 2009 selain mengajar aktivitas laninya adalah menulis buku, puluhan artikel sudah dimuat di media cetak.

Malam ini kita akan diajak sama-sama dengan mas Brian untuk sharing seputar ngeblog menggunakan blogger dan pengalaman menerbitkan buku. Dengan rendah hati mas Brian tidak akan membahas tentang teknik menulis atau aturan menulis yang baik dan menarik, karena kita sam-sama belajar cara menulis yang baik dan menarik hal tersebut yang membuat beliau bergabung dengan grup belajar menulis bersama Om Jay.
Mas Brian siap membantu dan silaturahim dengan teman-teman blogger dan berharap teman-teman guru merasa mengggunakan blog itu mudah. Sehingga cepat mendapat solusi tidak apabila ada kesulitan tentang penggunaan blogger. selama ini ia merasa sendirian saja menjadi guru blogger. Sebelum bergabung dengan grup ini, Ia bersyukur dipertemukan grup ini sehingga dapat berjumpa dengan guru-guru blogger luar biasa di seluruh Indonesia, semoga grup ini nantinya tetap eksis kuncinya.

Dalam negeblog ada dua motivasi yaitu hasil ngeblog dan target ngeblog. Sekarang ini banyak blogger yang terjebak pada motivasi yang berorientasi pada hasil, khususnya penghasilan dari iklan. Ini adalah motivasi yang sebaiknya dihindari, karena jika tak kunjung dapat penghasilan, kita akan mudah meninggalkan blog. Memasang iklan boleh saja tapi jangan terlalu banyak berharap. Apalagi bagi blogger yang baru membuat blog, perlu menunggu minimal 6 bulan jika ingin mendaftarkan blognya ke google adsense, itu pun tidak dijamin pasti diterima.
Mari kita luruskan niat, kembali pada tujuan awal bergabung dengan grup ini yaitu mengasah kemampuan menulis hingga menerbitkan buku. Blog digunakan sebagai media tempat kita menulis saja.

Kurangnya Ide tulisan kerap menjadi penghambat aktivitas menulis kita, Terkadang  kita sudah berada di depan laptop dan siap menulis, tapi masih bingung mau menulis apa. Menurut saya, kita tidak perlu menunggu ide/kejadian hebat untuk bisa menulis. Saya memiliki prinsip, hal biasa yang kita lakukan/alami bisa jadi dianggap luar biasa bagi orang lain. Maka hal yang paling mudah ditulis adalah pengalaman/aktivitas sehari-hari di rumah atau di tempat kerja. Apalagi kita guru, tentu punya banyak cerita.
Seperti yang saya katakan di atas, ada bapak/ibu peserta yang sesekali mengalami kesulitan penggunaan blog. Saya sesekali menjawab di grup dan lebih banyak menjawab pertanyaan yang japri ke saya. Mengapa sebaiknya japri ? karena jika pertanyaan disampaikan lewat grup, akan tertimpa banyak chat baru lainnya sehingga saya sering tidak menyadari ada kesulitan yang disampaikan di grup.

Hal terbaru dari blogspot adalah blogger.com perlahan-lahan menuju perubahan tampilan baru. Saat ini, jika baru membuat blog, maka secara otomatis kita disajikan penampilan baru blogger.com. Namun ini masih tahap uji coba. Kita masih dapat mengembalikan ke  tampilan lama blogger. Namun suatu saat nanti pasti tampilan baru akan menjadi permanen. Maka sebaiknya bapak/ibu sedikit demi sedikit mulai membiasakan diri dengan tampilan baru blogger.com. Blogger.com memang kerap mengubah tampilan. Sudah tak terhitung berapa kali berubah tampilan sejak saya pertama kali ngeblog pada 2009.

Saya tertarik dengan materi yang di sampaikan Mas Brian malam ini, ketika beliau melempar pertanyaan lebih baik mana blogger atau wordpress? Kebetulan saya punya akun blogger dan wordpress namun jarang untuk menulis. Jawaban diplomatis Mas Brian sama seperti Mr Bams bahwa dari segi manfaat blog digunakan pada dasarnya semuanya baik yang tidak baik itu punya blog tapi tidak digunakan untuk menulis. Seperti pandangan pertama ketika kita mengenal lawan jenis akan selalu berkesan di hati dan sulit untuk ditinggalkan. Maka Ketika Mr Bams kehilangan Multiply beliau melirik wordpress dan menggunakanya sampai saat ini, akan lain ceritanya jika blog multiply masih ada. Begitu pula Mas Brian karena pertama kali diperkenalkan temanya blog blogger maka Yang membuat betah itu karena saya sudah terbiasa menggunakan fitur di blogger.

Memang ada orang yang awalnya pakai blogger lalu pindah pakai wordpress. Sehingga perdebatan jenis blog mana yang terbaik jawabannya pasti subyektif. Apapun jenis blog yang digunakan yang paling baik adalah blog yang sering digunakan untuk menulis


Kesimpulannya :
Menulis di blog bisa menjadi modal awal untuk membuat kumpulan tulisan kita menjadi buku. Jangan sampai kesulitan dalam ngeblog membuat kita menyerah menulis. kita beruntung tergabung dengan grup ini sehingga bisa saling membantu dan mendukung,
Menulislah dengan lepas tanpa beban bahwa apakah tulisan kita sudah bagus atau belum, akan banyak yang baca atau tidak.Hal biasa menurut kita bisa dianggap luar biasa bahkan menginspirasi orang lain. Maka menulislah

Sesi Tanya Jawab dengan Mas Brian klik tautan link berikut:
https://www.mardiyanto.web.id/2020/06/tanya-jawab-bersama-brian-prasetyawan.html

18 komentar:

  1. Perlahan-lahan menuju perubahan tampilan baru... mantap resumenya.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. mudah-mudahan kita semua tetap bisa ngeblog

      Hapus
  3. Mengalir pak...
    Mantul tulisannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudahan lancar seperti aliran air sungai

      Hapus
  4. Tampilan nya udah keren.. Salam literasi

    BalasHapus
  5. Terima kasih sudah membuat resume yang mantap. Maaf baru sempat berkunjung. Semoga tetap semangat ngeblog !

    BalasHapus
  6. Terima kasih Mas Brian sudah sharing ilmu dan pengalamannya

    BalasHapus

idhostinger