Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Mohon maaf lahir dan batin

Wednesday, March 20, 2024

Penguatan Pendidikan Karakter di SMPN 3 Selat

Kegiatan Penguatan Pendidikan  Karakter di SMPN 3 Selat, yang berlangsung dari tanggal 14 hingga 20 Maret, di Majelis Al Madani Kapuas, berjalan dengan lancar. Pendidikan karakter merupakan proses pembelajaran yang fokus pada pengembangan nilai-nilai moral dan etika dalam diri seseorang. Tujuannya adalah membentuk kepribadian yang baik dan bertanggung jawab, sehingga siswa mampu berperan dalam membangun masyarakat yang lebih baik.

Dalam sambutannya Kepala Sekolah yang diwakili oleh wakasek kesiswaan, mengatakan,"ada beberapa kegiatan pendididikan karakter yang dapat dilaksakanakan seperti":

  1. Pelatihan Kepemimpinan: Program ini membantu siswa mengembangkan keterampilan kepemimpinan, seperti komunikasi, kolaborasi, pengambilan keputusan, dan kepemimpinan yang baik.
  2. Kegiatan Sosial: Melalui kegiatan sosial, seperti penggalangan dana untuk amal atau kegiatan sosial lainnya, siswa dapat memperoleh rasa empati dan peduli terhadap orang lain.
  3. Pelajaran Karakter: Pelajaran khusus untuk mengajarkan nilai-nilai karakter penting, seperti kejujuran, saling menghargai, dan tanggung jawab.
  4. Model Peran: Guru dan staf sekolah dapat menjadi contoh peran yang baik bagi siswa, dengan menunjukkan sikap dan perilaku positif sesuai dengan nilai-nilai karakter.
  5. Program Mentoring: Program mentoring membantu siswa mendapatkan bimbingan dan dukungan dari mentor yang membantu mereka mengembangkan karakter yang baik.
  6. Program Penghargaan Karakter: Program ini memberikan penghargaan kepada siswa yang menunjukkan perilaku dan tindakan positif, mendorong mereka untuk terus berbuat baik dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun materi kegiatan pada bulan ramadhan tahun ini meliputi, tadarus Al Quran, Sholat Dhuha, Tausiyah, Dhuhur berjamaah, Lomba pidato, lomba cerdas cermat. 

Share:

0 comments:

Post a Comment

Arsip


Visitor

Followers