Selamat Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024

Saturday, March 23, 2024

Mencoba Aplikasi Absen Online SIAKTIF



Pagi ini, di SMPN 3 Selat Kapuas, ada kegiatan mencoba menggunakan aplikasi absen SIAKTIF. Sejak tanggal 23 Maret, sekolah telah menjalankan uji coba aplikasi absen online SIAKTIF, dan hari ini adalah bagian dari proses tersebut. Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah proses absensi dengan memanfaatkan teknologi geofencing yang membatasi radius absen hingga 100 meter dari ruang guru, serta fitur selfie wajah untuk verifikasi identitas.

Sebelum jam 8 pagi, para guru dan staf berkumpul, masing-masing dengan ponsel di tangan, siap untuk mencatat kehadiran mereka. Mereka membuka aplikasi, mengarahkan kamera ke wajah mereka, dan dengan satu klik, absen masuk mereka tercatat. Sistem memastikan bahwa mereka berada dalam radius yang ditentukan, menambahkan lapisan keamanan dan akurasi pada proses absensi.

Saat jam makan siang tiba, kegiatan belajar mengajar di kelas berakhir. Setelah jam 13.30 WIB, proses yang sama diulangi untuk absen pulang. Lagi-lagi, ponsel diangkat, wajah tersenyum di depan kamera, dan dengan satu ketukan lagi, hari kerja mereka resmi berakhir di sistem.

Uji coba ini akan berlanjut hingga tanggal 30 Maret, sebagai persiapan untuk implementasi penuh yang akan dimulai pada tanggal 1 April 2024. Ini adalah langkah maju bagi sekolah dalam mengadopsi solusi teknologi yang efisien dan modern, menjanjikan peningkatan dalam pengelolaan waktu dan sumber daya manusia.

Semoga dengan aplikasi SIAKTIF, proses absensi menjadi lebih lancar, transparan, dan akurat, memberikan manfaat bagi semua pihak di sekolah.





 

Share:

0 comments:

Post a Comment

Arsip


Visitor

Followers