Abstrak
Salah satu ujung tombak
keberhasilan pendidikan adalah pendidik atau “guru”. Guru memiliki tanggung
jawab dalam mempersiapkan perencanaan pembelajaran secara matang agar proses
pembelajaran berjalan dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai
rencana.
Kita sadar atau tidak
realita di lapangan terhadap keberhasilan pembelajaran masih jauh dari harapan.
Hal ini dimungkinkan banyak faktor yang menjadi penyebabnya, antara lain
kemampuan guru terhadap penguasaan pengelolaan pembelajaran masih kurang
optimal. Guru masih menjadi pusat dalam proses pebelajaran, sehingga siswa
kurang diberdayakan kemampuannya dan aktivitas mereka kurang diperhatikan.
Pengajaran kooperatif
dipadukan dengan Quantum Teaching. Di dalamnya mengutarakan betapa pentingnya
bentuk pembelajaran yang menarik. Penghargaan dan pujian merupakan salah satu
cara yang tepat untuk membangkitkan motivasi siswa belajar. Menggerakkan
organ-organ tubuh melalui selingan permainan, games, misalnya, bisa dilakukan
dalam bentuk Quantum Teaching.
Tujuan artikel ilmiah
ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif dengan Quantum
Teaching dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SMPN 3 Selat
Kelas IX.7. Metode yang digunakan dalam menyusun artikel ilmiah ini adalah
studi literatur dengan cara mengumpulkan literatur yang relevan berdasarkan
topik yang ditentukan. Selanjutnya semua data yang dikumpulkan dianalisis
menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian artikel ilmiah ini
adalah penerapan model pembelajaran kooperatif dengan Quantum Teaching dapat
meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dibanding model pembelajaran
konvensional.
Judul: Upaya
Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Itensif Melalui Pembelajaran Kooperatif
Model Quantum Teaching Pada Siswa KelaS IX.7 SMPN 3
Selat Tahun Pelajaran 2020/2021
Penulis: Teklin, S.Pd.
Guru SMPN 3 Selat
Jurnal
Lengkap:
0 comments:
Post a Comment