Pages

Selamat Datang di website pribadi kang mardi

Sabtu, 30 Mei 2020

Menulis Tidak Selancar Ketika Berbicara

Ini Budi
Ini Bapak Budi
Ini Ibu Budi
Ini Kakak Budi
Ini Adik Budi
Itulah penggalan kalimat saat pertama kali belajar membaca dan menulis di bangku sekolah Dasar. Bagi teman-teman yang masuk SD tahun 80 an, tentunya akan selalu terkenang dengan kalimat di atas. Sejak usia 7 tahun belajar membaca dan menulis, dibimbing oleh bapak ibu guru.
Waktu berlalu dengan cepat sampai bulan ini, usiaku yang menginjak 45 tahun tentunya menulis merupakan suatu kegiatan yang mudah dilakukan. Karena sudah diajari dan dijalankan bertahun-tahun bahkan sampai lulus S1 dan menjadi guru.
Tapi kenyataan nya, yang namanya menuls tetap saja sesuatu yang sulit dilakukan, tiap saya ingin menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan selalu mengalami kesulitan.
Keinginan untuk menulis sepertinya akan terwujud ketika mendapat tugas tambahan mengajar di SMA Muhammadiyah Kapuas. Pak Tony TU SMA memperkenalkan cara mengetik menggunakan Microsoft Word, Setelah belajar cara membuka program, saya pun mulai mengetik kemudian diajari cara menyimpan file. Hampir semua administrasi sekolah saya ketik di komputer rasa ingin bisa mendorong saya cepat menguasai ketrampilan tentang komputer dari mengetik, word excel, power point sampai install windows 98.
Pertama kali belajar ngeblog secara otodidak setelah membaca majalah PC Plus. Dengan menggunakan koneksi internet telkomnet instan yang sangat lelet dibandingkan telkom speedy saat ini. Blog yang saya buat pertama kali adalah https://binoracom.wordpress.com
Dari ngeblog kemudian belajar website sekolah dengan cms balitbang yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional di Palangka Raya, dan sekarang pakai blogger dengan domain www.etanal.web.id
Meskipun sudah lama mempunyai blog akan tetapi tulisan lebih banyak mengabarkan berita sekolah, olahraga dan tutorial komputer. Dan isi blog lebih banyak copy paste dari tulisan orang. Kegemaran saya, yang suka mengotak-atik blog dengan fitur-fiturnya yang bervariasi tetapi malah melupakan tujuan utama punya blog untuk menulis.
Ketika Om Jay datang ke ke Kapuas menyampaikan materi Bimtek, keinginan untuk menulis kembali datang selesai mengikuti bimtek. Ada tekad dalam hati untuk mengikuti Om Jay, menulis setiap hari, tapi ternyata belum terwujud sampai hari ini. Setiap kali buka blog keinginan untuk mengotak-atik tampilan blog lebih besar daripada menulis. Akhirnya tulisan di blog pun tidak tambah-tampah karena disibukkan dengan merubah tampilan-tampilan blog saja.
Saat ada program menulis PGRI dengan pemateri Om Jay dkk, saya langsung bergabung dan masuk di gelombang 10 namun sayangnya hanya lebih banyak jadi pengamat. Mungkin karena saya masuk saat program sudah berjalan di tengah-tengah bahkan hampir selesai.
Ketika dibuka gelombang 12 saya bergabung lagi dengan mengajak kawan dengan membagi link ke grup KKG dan MGMP serta ketua PGRI Kabupaten. Dengan harapan kalau mulai dari awal mudah-mudahan tidak bingung dan dapat mengikuti setahap demi setahap.
Mengutip kata "Bus" di grup Belajar menulis, Bus sudah penuh, kondektur, sopir sudah siap dan saya pun menjadi salah satu penumpang di dalam  bus. Mudahan tanggal 1 Juni 2020 bisa ikut berangkat sampai tujuan.


2 komentar:

idhostinger