Selamat menunaikan ibadah puasa

Saturday, April 20, 2013

Bahaya dan Penyakit yang Ditimbulkan Hewan Peliharaan


Hewan peliharaan ialah hewan yang kita pelihara dan tinggal dekat atau bersama kita. Hewan peliharaan ada yang dimanfaatkan (ayam, bebek, ikan, kambing, sapi, kerbau) dan ada yang hanya untuk menyenangkan hati (burung, ikan hias, anjing, kucing, kera).
Hewan peliharaan selain bermanfaat dan menyenangkan dapat pula membahayakan keselamatan kita bahkan dapat menyebabkan kematian. Hewan peliharaan yang membahayakan adalah anjing, kucing dan kera. Sehingga kita harus waspada terhadap jenis hewan ini. Apabila di ganggu hewan ini akan marah dan akan menyerang dengan mencakar dan menggigit
Bahaya dan Penyakit yang Dapat Ditimbulkan oleh Hewan Peliharaan
1. Anjing
Anjing termasuk binatang buas, tetapi dapat menjadi jinak dan banyak dipelihara oleh masyarakat. Bagaimanapun jinaknya anjing harus selalu diwaspadai karena sewaktu-waktu bisa menjadi buas, jika terganggu akan menggonggong dan menggigit. Gigitan anjing dapat menimbulkan infeksi dan yang paling menakutkan adalah terjadinya penyakit anjing gila atau rabies.
2. Kucing
Kucing adalah hewan pelilharaan yang sangat disenangi oleh masyarakat. Selain untuk kesenangan kucing juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir tikus di rumah. Kucing senang diajak bermain-main tetapi kadang-kadang mencakar atau menggigit. Kucing termasuk binatang buas, senang memakan tikus. Gigitan kucing dapat menyebabkan penyakit anjing gila atau rabies.
Kucing juga dapat menyebabkan penyakit Toksoplasma. Bibit penyakit ini hidup di dalam usus kucing. Bibit penyakit ini keluar bersama kotoran kucing dan dapat hidup dalam tanah basah dan kering yang tidak kena sinar matahari. Bibit penyakit ini ditularkan melalui lalat yang hinggap pada kotoran kucing kemudian mencemari makanan kita. Dapat juga ditularkan melalui tangan waktu merawat tanaman yang tanahnya dicemari oleh kotoran kucing yang mengandung bibit penyakit toksoplasmaBahaya penyakit ini adalah terjadinya gangguan kesehatan pada alat reproduksi baik laki-laki maupun perempuan.
Bulu Kucing  juga dapat menimbulkan kambuhnay penyakit asma (karena alergi). Oleh karena itu apabila ada anggota keluargamu yang menderita asama, sebaiknya jangan memelihara kucing.
3. Kera
Tidak banyak orang yang memelihara kera sebagai hewan peliharaan karena hewan ini termasuk hewan yang dilindungi oleh pemerintah. Kera berbahaya karean bila kita mendekat biasanya kera akan mencakar dan menggigit. Gigitan kera sama dengan gigitan kucing dan kucing dapat mengakibatkan penyakit anjing gila atau rabies.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Arsip


Followers