Monday, May 16, 2022

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Melalui Modifikasi Bola Voli Mini Pada Siswa Kelas VI SDN 3 Selat Hulu Tahun Pelajaran 2020/2021

 Abstrak

Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang sering kali tidak sesuai dengan karateristik siswa membuat kreativitas anak menjadi terabaikan dan hasil pembelajaran menjadi kurang maksimal. Maka perlu adanya modifikasi media pembelajaran yang sesungguhnya. Permasalahan dan penelitian ini adalah “Apakah pembelajaran menggunakan modifikasi bola voli mini dapat meningkatkan hasil belajar bola voli pada siswa kelas VI SDN 3 Selat Hulu Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas?” Tujuan penelitian ini untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar bola voli melalui modifikasi bola voli mini. 

Penelitian ini dilaksanakan di SD 3 Selat Hulu Kabupaten Kapuas, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi serta angket/kuesioner yang digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi bola voli.

Data hasil pengamatan siklus I dan II yaitu: unjuk kerja (psikomotor) diperoleh hasil sebesar 40% dan 85% dengan kriteria baik. Data hasil pengamatan sikap dan perilaku (afektif) adalah 20% dan 90% dengan kriteria baik. Data hasil penilaian pemahaman siswa (kognitif) sebesar 45% dan 95% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan perbandingan hasil yang dicapai antara siklus I dan siklus II, secara keseluruhan nilai yang diperoleh untuk setiap aspek terdapat peningkatan.

Berdasarkan dari hasil penelitian di atas, disumpilkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan modifikasi bola voli mini dapat meningkatkan hasil belajar bola voli siswa. Oleh karena itu diharapkan bagi siswa dengan adanya modifikasi permainan bola voli mini agar lebih semangat lagi mengikuti pembelajaran PJOK, bagi guru PJOK di SDN 3 Selat Hulu dapat menggunakan modifikasi bola voli mini dalam pembelajaran bola voli, menggunakan modifikasi permainan bola voli mini sebagai alternatif pembelajaran PJOK, sekolah juga diharapkan untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang ada sebagai penunjang dalam pembelajaran PJOK.

Judul: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Melalui Modifikasi Bola Voli Mini Pada Siswa Kelas VI SDN 3 Selat Hulu Tahun Pelajaran 2020/2021

Penulis: Tri Astuti, S.Pd. 

Guru SDN 3 Selat Hulu

Jurnal Lengkap: 📥 lihat jurnal

Penerbit: Jurnal Ilmiah Edunomika : Vol. 06, No. 02, 2022

 



Share:

0 comments:

Post a Comment

Arsip

Followers