Abstrak
Latar
belakang penelitian ini adalah masih banyak siswa yang belum mampu melakukan
teknik dasar bermain tenis meja, selain itu banyak dari siswa yang belum tuntas
mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai 70. Rumusan masalah
berdasarkan latar belakang adalah sebagai berikut: Apakah penerapan media
dinding dapat meningkatkan hasil pembelajaran tenis meja pada siswa kelas VII.4
SMPN 3 Selat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:
peningkatan hasil belajar tenis meja siswa kelas VII.4 SMPN 3 Selat melalui
penerapan modifikasi alat pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mempunyai 4
langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi.
Sumber data penelitian ini adalah
siswa Kelas VII.4 SMPN 3 Selat yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 13
siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan
observasi, tes kemampuan dan hasil belajar bermain tenis meja. Teknik
pengumpulan data dengan observasi, tes kemampuan dan hasil belajar bermain
tenis meja. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
secara statistic deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian
bahwa pembelajaran melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran dapat
meningkatkan hasil belajar tenis meja pada siswa kelas VII.4 SMPN 3 Selat. Dari
hasil analisis yang diperoleh terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari
siklus I dan siklus II. Hasil belajar pada siklus I dalam kategori tuntas adalah
41,94% dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam
kategori tuntas sebesar 87,10%.
Maka dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran tenis meja melalui media dinding dapat
meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 3 Selat. Dari hasil analisis yang
diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Beberapa
saran, khususnya pada guru SMPN 3 Selat sebagai berikut: guru hendaknya lebih
inovatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Guru hendaknya memberikan
pembelajaran kepada siswa dengan permainan sederhana tetapi mengandung unsur
materi, agar siswa tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Guru hendaknya
memberikan modifikasi alat pembelajaran yang sederhana, efisien, efektif, dan
tidak memerlukan biaya mahal untuk membuatnya yang dapat dilihat atau dipegang
langsung oleh siswa, karena dapat memotvasi sisw untu selalu mencoba dan mengulangi
terus-menerus.
Judul: Upaya Meningkatkan Hasil
Belajar Pjok Materi Tenis Meja Melalui Media Dinding Pada Siswa Kelas VII.4
SMPN 3 Selat Tahun Pelajaran 2019/2020
Penulis: Mardiyanto,
S.Pd.I
Guru SMPN 3 Selat
Jurnal Lengkap: 📥 lihat jurnal
Penerbit: Jurnal Ilmiah Edunomika : Vol. 5, No. 2, 2021
0 comments:
Post a Comment