Halaman

selamat datang blog pribadi kangmardi

Rabu, 01 Juli 2020

Teruslah Berlari Mengejar Waktu

Malam ini hadir dalam kegiatan Belajar Menulis dan Menerbitkan buku Bersama Om Jay hadir sebagai nara sumber Bapak Muhammad Firman Suwarya, M.Kom guru SMPN Unggulan Sindang Indramayu. Malam hari ini tema yang diangakt adalah freewriting. Dalam bahasa Indonesia free writing dapat diartikan teknik menulis bebas cepat tanpa hambatan.
Bebas hambatanlayaknya berjalan melewati jalan tol tanpa adanya lampu lalulintas di jalan. Sebuah tantangan diajukan ketika beliau membuka materi kuliah online malam ini, “Jika saya tentang anda menulis 1 hari 5 lembar dalam 30 hari, kira-kira sanggup nggak? Jika peserta menulis dan menerbitkan buku bersama Om Jay berani konsisten 5 lembar perhari, beliau yakin kita semua peserta dari grup 1 hingga 12 akan menjadi seorang penulis yang handal dan produktif.

Menulis 5 halaman itu memerlukan waktu berjam-jam. Mampukah kita menghilangkan rasa bosan yang menghinggapi kita? Karena “bosan” merupakan penyakit yang menghinggapi hampir semua penulis baik yang baru belajar menulis ataupun penulis yang sudah menjadi penulis handal.

Bahaya penyakit ini biasanyanya diawali dengan menyerang pikiran kita dengan ciri-ciri ide yang kita miliki tiba-tiba hilang entah ke mana, kemudian kemudian bingung harus menulis apa lagi. Dan pada akhirnya kita capek, lelah dan malas untuk penulis.
Kadang-kadang kita mempunyai ide baru untuk ditulis, namun belum ditulis tiba-tiba muncul ide baru yang lebih bagus dari ide pertama. Kejadian tersebut berulang ulang tetapi hanya sebatas ide. Sehingga tulisan yang pertama berhenti, yang kedua berhenti akhirnya berhenti semua dalam ide yang tidak tertuang dalam tulisan. Kondisi seperti ini dalam dunia tulis menulis disebut dengan lingkaran setan kebuntuan. Kadang keinginan untuk mulai menulis lagi, menulis lagi tapi tidak pernah selesai.
Apa solusinya untuk mengatasi lingkaran setan kebuntuan?
Jawabnya free writing.
Kita akan terbebas dari hal-hal tersebut, walau tidak langsung keluar dan lolos dari penyakit yang menimpa seorang penulis.
Sebenarnya apa sih free written?

Ilustrasi sederhananya adalah sebagai berikut, ketika kita mengikuti ujian nasional atau ujian pegawai yang sudah terjadwal jam 07.00 – 09.00. Maka kita harus segera datang tepat waktu agar bisa menyelesaikan ujian itu dengan baik, benar dan yakin dari 50 soal yang diberikan. Namun entah apa yang terjadi, tidak sedikitpun dibayangkan sebelumnya dan tidak terpikir dan seterusnya. Tiba-tiba saat menuju ke sekolah atau tempat tes jalanan macet total..

sehingga memakan hampir 1 jam dari durasi tes ujian kita. Dalam  kondisi seperti itu apa yang akan lakukan ? Belum lagi melihat soal-soal yg susah dan masih kosong, belum diisi?
Tetapi harus mengisi dan mengerjakan serta mendapat nilai bagus. Sedangkan waktu terus berjalan.

Sekali lagi apa yang kita lakukan?
Jawabannya : NGEBUUUUT
Kita harus ngebut mengisi soal ujian itu karena kejar-kejaran dengan waktu.
Itulah gambaran singkat tentang Freewriting

Kesimpulan
Rasa bosan adalah penyakit yang sangat berbahaya melebihi covid 19 hati hati dan waspada dia menyerang dengan tiba tiba maka kita harus putuskan dengan coba dan coba lagi Sampai kapan kita harus mencoba maka jawabannya sampai kita sukses


Sesi tanya Jawab klik link di bawab ini
https://www.mardiyanto.web.id/2020/07/tanya-jawab-bersama-muhammad-firman.html

5 komentar: