Pages

selamat datang blog pribadi kangmardi

Friday, June 12, 2020

Menulislah Apa Yang Bisa Ditulis Jangan Menulis Yang Tidak Bisa di Tulis

Malam ini tepat dengan konser tribute 40 hari mengenang legenda campursari Didi Kempot di salah satu stasiun telivisi nasional, kuliah online belajar menulis dan menerbitkan buku gelombang ke 12 pertemuan ke 6. Nara sumber yang hadir dalam kegiatan malam ini adalah Bapak Bambang Purwanto, S.Kom.,Gr. Yang di dunia maya dikenal sebagai Mr. Bams. Selain mengajar beliau juga pegiat literasi dan Pendongeng.  

Di dunia dongeng beliau biasa dipanggil Ayah Salwa.
Karena kemahiran beliau dalam mendongeng kegiatan malam ini dimulai dengan memotivasi para peserta pelatihan menulis dan menerbitkan buku bersama Om Jay dengan memerankan tokoh “MARIO TEDUH” yang suaranya mirip motivator terkenal di Indonesia Mario Teguh Golden Ways.
Selamat malam semuanya, Ijinkan saya Mario Teduh untuk menyampaikan sesuatu Mario Teduh Mari Ayo tenang dalam urusan hidup jadi dalam urusan menulis Saya ingin menyampaikan bahwa menulislah dengan hati, hadirkan jiwa dan raga dalam tulisan itu, ya. bila itu dihadirkan maka tulisan akan berasa dinikmati oleh siapapun yang membacanya jadi Saya berpesan untuk rajin menulis ya Kalau mario Teduh bilang super sekali, tapi kalau saya bilang super itu seterusnya sekali itu tidak cukup ya salam super seterusnya.


  Senang malam ini saya bisa berkumpul di ruangan ini tanpa tatap wajah tapi serasa dekat di hati. Dalam pertemuan kuliah online yang ke 6 ini dan beliau merasa tersanjung berkumpul dengan teman-teman guru dari pelosok nusantara yang merupakan penulis yang hebat, kenapa disebut penulis hebat karena semua peserta di grup ini sudah berani menulis di WA, menulis di Blog serta meresume materi pertemuan di Word dan kemudian di kirim ke email Om Jay. Ini berarti kita semua mempunyai kemampuan yang luar biasa yang tiada taranya. Kita bisa menginvestasikan waktu tenaga dan pikiran untu berada di ruangan ini. Setiap hari kita bisa keliling Indonesia dengan melihat blog teman, bahkan kita juga bikin tulisan di blog sendiri kemudian di share.
Malam ini Mr. Bams akan berbagi pengalamannya menjadi ngeblog wordpress. Hanya berbagi pengalaman bukan bukan merasa lebih hebat, tapi karena kemarin menerima chat dari OM Jay untuk memberi materi pada malam ini. Sebuah kesempatan yang baik untuk sharing pengalaman saya ngeblog wordpress pada teman-teman
Mr. Bams setelah lulus SMA berkeinginan menjadi guru oleh karena itu beliau berangkat dengan temannya ke daerah Ledeng Bandung mendaftar di IKIP program PGSD sekarang UPI. Namun sayang keinginannya untuk masuk di IKIP kandas justru justru temannya yang ikut-ikutan daftar diterima. Namun kegagalan masuk PGSD tidak membuatnya patah semangat. Justru menjadi cambuk semangat untuknya menempuh kursus komputer di Bandung selama 3 bulan. Sebelum lulus dari tempat kursus Komputer beliau sudah bekerja di sebuah Konsultan. Dan pada akhirnya keinginannya menjadi guru tercapai. Saat ini ia mengajar di SMP Taruna Bakti. Peralanan karier Mr. Bams sebagai berikut :
1992 - 2000 : Konsultan
2001 - 2004 : Kemfood (milik Bob Sadino)
2004 - 2008 : Pendongeng Keliling
2004 - 2008 : Konsultan Pelatihan
2008 - sekarang : Guru SMP Taruna Bakti

Mulai membuat Blog ketika di terima di SMP Taruna Bakti tahun 2008, setahun kemudian selain mengajar beliau diminta membimbing ekskul Blog menggunakan platform “multiply” Tapi dalam perjalanannya platform blog multipy ditutup, akhirnya Mr. Bams pindah dan jatuh hati ke paltform blog wordpress. Mengapa memakai wordpress tidak blogspot? Secara diplomatis ia menjawab semua paltform blog bagus tergantung penggunaannya mana yang sesuai dengan kebutuhan kita.
Sebagai seorang pendongeng beliau memerlukan sumber mendogeng, yaitu barus banyak membaca buku, hal inilah yang menjadikan beliau secara alami suka menulis. Bahkan tahun 2011 beliru membuat Taman Baca di rumah sendiri dan setahun kemudian taman baca tersebut sudah mandiri.
Sejak tahun 2011 beliau sudah kenal dengan Gol A Gong, penulis hebat Balada si Roy yang juga pendiri taman bacaan Rumah Dunia yang sangat keren. Sebelum ada program Gerakan Literasi Sekolah , membaca lima belas menit. Mrs Bams sudah menerapkan literasi di sekolah

Prestasi tertinggi di sekolah di bidang literasi Saat SMP Taruna Bakti tahun 2019 meraih Juara LIterasi Katagori Utama mengalahkan sekolah negeri yang favorit. Saat Mr. Bams menjabat sebagai Ketua Tim Literasi. Selain sekolah, Mr. Bams juga mendapat Anugerah Penggiat Literasi Dari Dinas Pendidikan Kota Bandung. Tahun 2019  mengikuti ajang Guru Inspiratif Een Sukaesih 2019, meraih peringkat 6 besar. Mendapatkan penghargaan dari Kepala Disdik Jabar dan Bapak Gubernur
Yang mendasari Mr. Bams membuat blog adalah
1.      Malu sebagai guru TIK ngak punya blog
2.      Malu sebagai penggiat literasi ngak punya blog
3.      Berbagi pengalaman
4.      Menyimpan tulisan sepanjang zaman (bukan sepanjang hayat)
5.      Menghasilkan rupiah

Menulis blog itu sesuai keinginan kita, jika kita suka cerpen mak tulislah cerpen, Senang puisi tulislah puisi, senang olahraga tulislah mengenai olahraga. Buat lah bloga dengan sesuatu yang bisa membantu orang lain, tidak hanya pengetahuan atau informasi. Sebagai contoh saat ini Mr. Bams sedang mengembangkan sebuah blog yang mendukung kegiatan. Seperti absensi peserta menuliskan dan menerbitkan buku bersama Omjay. Peserta tinggal datang ke blog, kemudian klik daftar hadir, tanpa harus mencari chat di grup WA.
Agar kita bisa menulis dengan baik kuncinya, Lakukanlah apa yang kita mau dan bisa kita lakukan. Banyak orang yang bisa tapi kadang tidak mau melakukannya. Bermodal mau maka kita akan menjadi bisa. Kata Mrs. Bams, “Semoga pengalaman yang saya sampaikan hanya setetes embun dipagi hari. Masih banyak orang hebat di sana. Kita bukan untuk menjadi orang hebat, akan tetapi semoga kita menjadi orang yang bermafaat kapanpun, dimanapun dengan siapapun”.
Kesimpulan
1.      Tantangan yang luar biasa sebagai seorang guru adalah membiasakan menulis, karena menulis adalah keterampilan yang harus diperlihakan. Dengan menulis di blog, mengirimkan tulisan ke media cetak, atau membuat buku.
2.      Mengelola blog dengan sepenuh hati, tidak hanya memenuhi target. Akan tetapi memelihara dan mengembangkan blog, sehingga bisa mencerminkan pemiliknya.
3.      Berbagi kebaikan dengan orang lain dengan cara apapun, termasuk di media blog.
4.      Setiap orang mempunyai potensi yang luar biasa, maka galilah dan kembangkan
5.      Banyak orang yang bisa akan tetapi tidak semua orang mau melakukan sesuatu. Hidup ini akan selalu bahagia, karena bahagia diciptakan setiap saat. Buatlah tulisan agar dikenang sepanjang zaman.
Seperti di awal pertemuan dibuka dengan kepiawaian Ayah Salwa sebagai Pendongeng yang mampu menirukan suara sang motivator Mario Teguh, maka di akhir pertemuan Ayah Salwa jugan berperan sebagai “MARIO TEDUH” menutup kegiatan sebagai berikut :
Ya sebagai penutup Izinkan saya ingin unjuk kabisan bahwa saya adalah seorang pendongeng dan di sebelah saya sudah ada mister Bapak Mario Teduh. Kenapa Mario Teduh. Coba kita simak sebentar. Salam super senang dan bahagia saya Mario Teduh. Mario Teduh Mari ayo tenang dalam urusan hidup. Dalam kesempatan ini saya ingin memberikan motivasi menulis, menulislah apa yang diinginkan, menulislah apa yang bisa dituliskan, ya. Jangan sampai menulis yang tidak bisa dituliskan tetapi tulislah, sehingga itu bermanfaat yaitu pesan semuanya untuk peserta belajar menulis dari gelombang 1 hingga 12 semoga semuanya sukses melahirkan buku-buku yang hebat. Mungkin itu saja Terima kasih.

Sesi Tanya Jawab klik link di bawah ini:
Pesan Mr. Bams yang berperan sebagai Mario Teduh klik link di bawah ini:


17 comments:

idhostinger