Pages

Selamat Datang di website pribadi kang mardi

Senin, 01 Juni 2020

Menulislah Setiap Hari di Blog Lihat Keajaiban Apa Yang Akan Terjadi?


Empat buah buku yang merupakan hasil menulis dari blog yaitu : Catatan Harian Seorang Guru Blogger, Blogger Ternama, Melejitkan Ketramplan Menulis Siswa, Menulislah Setia Hari dan Buktikan Apa Yang Akan Terjadi. Menulis buku itu memerlukan waktu yang lama oleh karena itu perlu ditulis sedikit demi sedikit, sama dengan menabung dari sedikit menyisihkan duit ditabung lama-lama menjadi banyak. Tema yang disampaikan malam ini Sedikit demi sedikit lama lama menjdai bukit. Tema inilah yang diberikan OM Jay dari WA grup gelombang 1 sampai 12 secara online.

Buku catatan seorang guru blogger memerlukan waktu 6 bulan. Buku ini dikerjakan dengan sangat teliti oleh pak Sukarno yang menjadi editor. Selama pengerjaaan buku tidak pernah ada tatap muka diantara editor dan penulis. Pak Sukarno di Semarang sedangkan Om Jay di bekasi, komunikasi hanya lewat WA.

Buku Melejitkan Keterampilan Menulis Siswa diterbitkan dalam waktu 3 bulan. Buku ini adalah hasil Penelitian Tindakan kelas atau PTK yang lolos Final lomba Karya Tulis inovasi pembelajaran tingkat nasioanl. Berkat PTK ini Om Jay mendapat laptop baru dan uang jutaan rupiah. Bisa ke Bali gratis naik pesawat garuda Indonesai dan menginap di hotel berbintang 5.

Awalnya Om Jay tidak tahu kalau hasil PTK ini bisa di jadikan buku ber ISBN. Setelah belajar dengan Pak Lukman di Jawa Timur lewat online

Ibu Hati di Bandung menawarkan diri menjadi editornya. Tentu saja omjay senang sekali karena belum punya pengalaman sama sekali menulis buku dari hasil PTK. Alhamdulillah buku itu jadi dan banyak yang memesannya.

Berkat membuat laporan PTK yang baik saya dapat hadiah kuliah singkat ke China University of Mining Technology atau CUMT. Omjay belajar steam di sana dan pulang bawa uang 21 juta.
Buku Blogger ternama adalah sebuah buku yang diterbitkan dari hasil menulis di blog selama 6 bulan. Buku ini diterbitkan oleh pak Wiranto dari penerbit Camp Pustaka. Isinya kisah nyata Omjay menulis di blog dan menjadi blogger ternama.

Lewat buku ini Omjay mengajak kawan kawan guru untuk menulis di blog dan kemudian merajut tulisannya menjadi buku yang layak jual. Jadi tidak mengajari guru cara membuat blog. Sebab cara membuat blog dapat dengan mudah kita dapatkan di google.com dan youtube.com. Banyak orang baik yang sudah menuliskannya di internet.

Blogger ternama ditulis dari kisah kisah inspiratif bagaimana seorang guru yang biasa saja dapat menjadi guru yang luar biasa. Bahkan berkat rajin menulis di blog Om Jay diundang keliling Indonesia dan diajak makan siang di istana negara bersama presiden Jokowi.

Itulah keajaiban ngeblog yang mengantarkan Omjay menjadi blogger ternama. Bahkan omjay dan istri bisa bulan madu gratis ke Singapura gara-gara menulis di blog. Hal itulah yang ingin Omjay tularkan dalam buku ini.

Bukan menularkan virus corona tapi menularkan virus ngeblog di kalangan guru Indonesia. Dengan begitu para guru menjadi blogger ternama dan menjadi guru blogger Indonesia.

Buku menulislah setiap hari adalah buku pertama kali yang omjay terbitkan di penerbit mayor. Perlu waktu 3 tahun menerbitkan bukunya. Omjay masih belum percaya diri menerbitkan buku. Sebab seringkali ditolak oleh penerbit mayor.

Namun omjay tak pernah putus asa. Buku akhirnya jadi berkat jasa mbak Abdah Khan. Berkat beliau buku itu menjadi enak dan renyah dibaca.

Kemudian buku itu diterbitkan oleh penerbit indeks jakarta dengan editor mas Yuan Acita. Sampai sekarang Omjay belum pernah bertemu orangnya. Kabarnya beliau ada di Padang. Berkat tangan dingin beliau buku ini laku keras dan tersebar ke seluruh Indonesia. Berkat buku ini Omjay membeli rumah baru. Tidak besar tapi cukup untuk berlibur bersama keluarga di Wanaraja Garut Jawa Barat.

Pesan yang ingin disampaikan Om Jay malam ini adalah Omjay ingin menyampaikan kepada kawan kawan guru bahwa kolaborasi itu penting.

Keempat buku yang Omjay terbitkan adalah berkat kolaborasi antara penulis dan editor. Penerbit yang baik tentu memerluakan waktu dalam proses editingnya. Hal ini kurang disadari oleh para penulis pemula. Apalagi buat kawan guru yg menulis hanya untuk kenaikan pangkat.

Jadi menulis buku itu bertujuan berbagi ilmu dan pengalaman. Bukan sekedar menambah point untuk kenaikan pangkat saja.

Sesi Tanya Jawab 
Pertanyaan
Bagaimana manjadikan PTK saya menjadi sebuah buku. Apakah melalui proses seminar. Seperti yg di sarannya untuk kenaikan pangkat. Ataukah hanya melalui penelitian saja.

Jawaban
Ya seminar itu wajib supaya dapat masukan dan disempurnakan isinya

Pertanyaan
Om Jay, mohon dong berbagi begitu besar perjuangan Om Jay dalam menghasilkan sebuah karya besar, Bagaimana langka Om Jay untuk bisa mengarungi dan meraih keberhasilan dan kesuksesan yg om jay telah raih?

Jawaban
Berbagi itu tidak pernah rugi. Kita bisa berbagi ilmu lewat blog di internet. Hal itulah yang omjay lakukan selama 11 tahun ini. Orang tahu omjay dari tulisan omjay di blog. Kesuksesan itu butuh proses. Ibarat bertani. Kita akan mwnghsilkan padi yg bagus kalau prosesnya bagus. Ingat selalu ilmu padi. Kian berisi kian merunduk.

Pertanyaan
Saya baru pemula ni om jadi saya sama sekali masih canggung dan bingung untuk memulai menulis, jadi apakah tulisan kita harus berupa penelitian atau bisa tulisan dalam bentuk apa saja, dan bagaimana untuk memulai nya, terima kasih. 
saya minta tips2 menulisnya...krna terkadang sdh ada ide tuk menulis...tapi berbagai kesibukan membuat saya tidak bisa menulis...krna tuk menulis butuh waktu yang banyak
Bgmn langkah yg hrus d lakukan agar kita trbiasa untuk menulis?
Bagaimana alur menulis Aopakah kita  harus buatbgaris besar nya dulu baru kita kembangkan

Jawaban
Tulislah dari apa yg disukai dan kuasai

2 komentar:

  1. https://cakinin.blogspot.com/2020/06/kisah-nyata-seorang-blogger-bisa.html

    BalasHapus
  2. Terima Kasih Pak Wijaya Kusumah (Om Jay)

    BalasHapus

idhostinger