Saturday, July 2, 2022

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Itensif Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Quantum Teaching Pada Siswa KelaS IX.7 SMPN 3 Selat Tahun Pelajaran 2020/2021

Abstrak

Salah satu ujung tombak keberhasilan pendidikan adalah pendidik atau “guru”. Guru memiliki tanggung jawab dalam mempersiapkan perencanaan pembelajaran secara matang agar proses pembelajaran berjalan dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai rencana.

Kita sadar atau tidak realita di lapangan terhadap keberhasilan pembelajaran masih jauh dari harapan. Hal ini dimungkinkan banyak faktor yang menjadi penyebabnya, antara lain kemampuan guru terhadap penguasaan pengelolaan pembelajaran masih kurang optimal. Guru masih menjadi pusat dalam proses pebelajaran, sehingga siswa kurang diberdayakan kemampuannya dan aktivitas mereka kurang diperhatikan.

Pengajaran kooperatif dipadukan dengan Quantum Teaching. Di dalamnya mengutarakan betapa pentingnya bentuk pembelajaran yang menarik. Penghargaan dan pujian merupakan salah satu cara yang tepat untuk membangkitkan motivasi siswa belajar. Menggerakkan organ-organ tubuh melalui selingan permainan, games, misalnya, bisa dilakukan dalam bentuk Quantum Teaching.

Tujuan artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif dengan Quantum Teaching dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SMPN 3 Selat Kelas IX.7. Metode yang digunakan dalam menyusun artikel ilmiah ini adalah studi literatur dengan cara mengumpulkan literatur yang relevan berdasarkan topik yang ditentukan. Selanjutnya semua data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian artikel ilmiah ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif dengan Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dibanding model pembelajaran konvensional.

Judul: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Itensif Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Quantum Teaching  Pada Siswa KelaS IX.7 SMPN  3 Selat   Tahun Pelajaran 2020/2021

Penulis: Teklin, S.Pd. 

Guru SMPN 3 Selat

Jurnal Lengkap: 📥 lihat jurnal 

Penerbit: Jurnal Ilmiah Edunomika : Vol. 06, No. 02, 2022







Share:

0 comments:

Post a Comment

Arsip

Followers