Thursday, July 14, 2022

Belajar Demokrasi Lewat Pemilihan Ketua Kelas

Awal tahun pelajaran baru 2022/2023 diawali dengan kegiatan MPLS selam 3 hari. Memasuki hari keempat siswa sudah mulai masuk di kelas masing-masing sesuai dengan pembagian kelas dari panitia MPLS. Hari ini saya masuk kelas VII.4 untuk menyapa siswa baru kami, pertemuan pertama di kelas saya gunakan untuk perkenalan sebagai wali kelas mereka dan siswa saling memperkenalkan diri dengan sesama kawan di kelas.

Kemudian dilanjutakan dengan pemilihan pengurus kelas, dari 6 kandidat yang diajukan adalah Agus Maulana, Humaira Rania Mecca, Devriya Andriyani, Rainisya, Salma dan Muhammad Hafis. Setelah dilakukan pemungutan suara hasilnya sebagai berikut:

1. Agus maulana : 6

2. Devriya Andriyani : 2

3. Muhammad Hafiz : 15

4. M Restu Putra :3

5. Rainisya : 0

6. Salma : 1

Jumlah siswa kelas VII.4 tahun ini 27 siswa, suara dari Muhammad Hafiz 15 artinya ia mendapat suara 50% lebih, maka M Hafiz terpilih menjadi ketua kelas VII.4. Kegiatan seperti ini merupakan salah satu pembelajaran demokratis untuk siswa. Siapapun calon yang terpilih harus didukung oleh teman-teman sekelas dan yang kalah pun harus menerima dengan legowo he he he, seperti miniatur pemilihan presiden.

Setelah pemilihan pengurus kelas anak-anak menuju ruang perpustakaan untuk meminjam buku pelajaran yang akan digunakan untuk kegiatan belajar mengajar tahun pelajaran 2022/2023. Selamat menempuh pendidikan di SMPN 3 Selat semoga kalian semua sukses.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Arsip

Followers