Pages

Dirgahayu Republik Indonesia

Thursday, July 29, 2021

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Sistem Ekskresi Manusia Dengan Menerapkan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Selat Tahun Pelajaran 2019/2020 Semester I

Neny Rosanty, S.Pd.

SMPN 3 Selat, Kapuas, Kalimantan Tengah

Email: neny@smpn3selat.sch.id


ABSTRAK

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran Metode Tutor Sebaya  berpengaruh terhadap hasil belajar IPA ? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran IPA dengan diterapkannya metode Pembelajaran Metode Tutor Sebaya ?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Metode Tutor Sebaya  terhadap hasil belajar IPA . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran IPA setelah diterapkannya Pembelajaran Metode Tutor Sebaya

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IX. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami  peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66%,), siklus II (76%), siklus III (93%).

Simpulan dari penelitian ini adalah metode  Konstruktifistik  dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas IX, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative  IPA.


Full Text:

References

DAFTAR PUSTAKA

 

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Muntasir, Saleh. 1985. Pengajaran Terprogram. Jakarta: CV. Rajawali

Nata, Abudin. 1997. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

S, Nasution. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar  Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen & Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yamin, Martinis. 2004. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Gaung Persada Press

Marzuki, Metodologi Riset, (Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UII, 2000Husaimi Usman dan Purnomo Setiady Akbar, Metodologi Penelitian Sosial (Jakarta: Bumi Aksara, 2006)

Winataputra, Udin S. 1999. Pendekatan Pembelajaran Kelas Rangkap. Jakarta:

Suherman, E., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran IPA Biologi Kotemporer. Bandung: JICA. 

Suparno, P. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika: Konstruktivistik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan: DWIJA SUKOWATI, Vol. 3 No 2, 2021


 


0 comments:

Post a Comment

.

 
Link Sumber : http://www.etanal.web.id/search/label/TIK#ixzz73zPFEldi