Pages

Dirgahayu Republik Indonesia

Tuesday, July 6, 2021

MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS IX SMPN 1 BATAGUH MELALUI BIDANG BIMBINGAN KELOMPOK MATERI PSIKOLOGI REMAJA

Nuning Setyowati

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMPN 1 Bataguh yang menunjukkan terdapat siswa yang memiliki perilaku asertif yang rendah. Melalui layangan bimbingan kelompok diharapkan perilaku asertif siswa ini bisa ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana bidang bimbingan pribadi materi Psikologi Remaja dapat meningkatkan perilaku asertif pada siswa kelas IX SMPN 1 Bataguh.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling dengan melaksanakan tiga siklus. Subyek penelitian Ini yaitu 18 siswa kelas IX SMPN 1 Bataguh yang memiliki perilaku asertif yang tergolong rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan yang wawancara, observasi dan angket. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif persentase dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkan pemberian materi Psikologi Remaja, porsentase siswa yang menunjukkan perilaku asertif sebesar 0%. Setelah dilakukan pembelajaran siklus 1, prosentase meningkat menjadi 35%. Dan setelah pemberian pembelajaran pada siklus II dan III meningkatnya perilaku asertif menjadi 89%. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan perilaku asertif pada siswa kelas IX SMPN 1 Bataguh.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sebelum diterapkan pemberian materi Psikologi Remaja, persentase keberhasilan penerapan sikap asertif sebesar 0%. Setelah dilakukan pembelajaran siklus I ada peningkatan persentase menjadi 35%. Dan setelah pemberian pembelajaran siklus II dan III meningkat menjadi 89% siswa yang berhasil meningkatkan sikap asertifnya. Artinya sikap asertif dapat di tingkatkan dengan pemberian bimbingan kelompok dengan materi psikologi remaja. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya guru pembimbing lebih mengembangkan layanan bimbingan kelompok untuk membantu dalam meningkatkan perilaku asertif siswa.


Full Text:

PDF

References


Adam, L & Lenz, E (1995). Be your best: Jadilah diri anda sendiri. Jakarta: PT. Gramedia

Bimo, Prof. Dr. (2010). Bimbingan + konseling, studi & revisi. Yogyakarta: Andi

Caplin, J.P (1999). Kamus lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Cox, G & Dainov, S. (1994). Kembangkan diri anda sepenuhnya. Jakarta: Arcan

Gunarsa, J.S.D & Gunarsa, S.D. (1983). Psikologi remaja. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia

Lloyd, S.R. (1991). Mengembangkan perilaku asertif yang positif. Jakarta: Binarupa Aksara

Mappiare, A. (1982). Psikologi remaja. Surabaya: Usaha Nasional

Monks, F.J, Knoers, A.M.P & Haditomo, S.R. (1994). Psikologi perkembangan: Pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta : Gadjah Mada Unerversity Press

Paizaluddin, M.Pd.I & Ermalinda, M.Hum. (2013). Penelitian tindakan kelas, panduan teoritis dan praktis. Bandung: Alfabeta

Purwoko, Y. (2001). Memecahkan masalah remaja. Bandung: Nuansa

Rintyastini, Y & Suzy, Y.C.S. Bimbingan dan konseling SMP kelas VII. Esis

Rintyastini, Y & Suzy, Y.C.S. Bimbingan dan konseling SMP kelas VIII. Esis

Rintyastini, Y & Suzy, Y.C.S. Bimbingan dan konseling SMP kelas IX. Esis

Sarwono, S.W. (2002). Psikologi remaja, edisi revisi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Tohirin, Dr. M.Pd. (2011). Metode penelitian kualitatif dalam pendidikan dan bimbingan konseling. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Wardawati, M.Pd & Mohammad, J, S.Pd. (2011). Implementasi bimbingan & konseling di sekolah. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher


0 comments:

Post a Comment

.

 
Link Sumber : http://www.etanal.web.id/search/label/TIK#ixzz73zPFEldi