Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Mohon maaf lahir dan batin

Tuesday, July 6, 2021

Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas IX SMPN 1 Bataguh Melalui Bidang Bimbingan Kelompok Materi Psikologi Remaja

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMPN 1 Bataguh yang menunjukkan terdapat siswa yang memiliki perilaku asertif yang rendah. Melalui layangan bimbingan kelompok diharapkan perilaku asertif siswa ini bisa ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana bidang bimbingan pribadi materi Psikologi Remaja dapat meningkatkan perilaku asertif pada siswa kelas IX SMPN 1 Bataguh.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling dengan melaksanakan tiga siklus. Subyek penelitian Ini yaitu 18 siswa kelas IX SMPN 1 Bataguh yang memiliki perilaku asertif yang tergolong rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan yang wawancara, observasi dan angket. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif persentase dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkan pemberian materi Psikologi Remaja, porsentase siswa yang menunjukkan perilaku asertif sebesar 0%. Setelah dilakukan pembelajaran siklus 1, prosentase meningkat menjadi 35%. Dan setelah pemberian pembelajaran pada siklus II dan III meningkatnya perilaku asertif menjadi 89%. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan perilaku asertif pada siswa kelas IX SMPN 1 Bataguh.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sebelum diterapkan pemberian materi Psikologi Remaja, persentase keberhasilan penerapan sikap asertif sebesar 0%. Setelah dilakukan pembelajaran siklus I ada peningkatan persentase menjadi 35%. Dan setelah pemberian pembelajaran siklus II dan III meningkat menjadi 89% siswa yang berhasil meningkatkan sikap asertifnya. Artinya sikap asertif dapat di tingkatkan dengan pemberian bimbingan kelompok dengan materi psikologi remaja. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya guru pembimbing lebih mengembangkan layanan bimbingan kelompok untuk membantu dalam meningkatkan perilaku asertif siswa.

 

Judul: Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas IX SMPN 1 Bataguh Melalui Bidang Bimbingan Kelompok Materi Psikologi Remaja

Penulis: Nuning Setyowati, S.Pd. 

Guru SMPN 1 Bataguh

Jurnal Lengkap: ðŸ“¥ lihat jurnal

Penerbit: Jurnal Ilmiah Edunomika : Vol. 5, No. 2, 2021



Share:

0 comments:

Post a Comment

Arsip


Visitor

Followers