Pages

Selamat Datang di website pribadi kang mardi

Jumat, 24 Juli 2020

Materi Permainan Sepak Bola

Di lihat dari kata dunia, terdapat kisah tersendiri atas sejarah sepak bola dan asal usul sepak bola dunia & nasional tersebut. Cerita masa lalu pada permainan sepak bola ini dimulai sejak tahun sebelum masehi yakni pada abad kedua dan ketiga. Pada waktu tersebut di negara Tiongkok berdinasti Had permainan ini dimainkan dengan bola yang tercover oleh kulit, kemudian ditujukan pada gawang berukuran relative kecil.
Dalam kisah tersebut, terdapat sejarah pula di negara Sakura yang menyebut permainan ini bernama Kemari. Serta di negara Italia pun begitu tetapi lebih dimulai dan tenar sejak abad ke 16. Dari kisah-kisah tersebut, pertandingan sepak bola ini akhirnya terus berkembang.

Sejarah Sepakbola Modern :

Di Inggris pun telah menentukan aturan permainan ini, tetapi karena terjadi suatu masalah berupa kekerasan, raja Edward III memberhentikan olahraga tersebut. Tetapi, pada tahun 1815 olahraga ini lebih ternama dari sebelumnya dan diaplikasikan pada area sekolah maupun kampus. Kemudian di tahun 1863 pada Freemasons Tavern telah memberlakukan peraturan utama dan terpisahkan pula antara olahraga sepak bol tersebut dengan rugby.
Pada era 1800-an ini pula pertandingan sepak bola turut dimainkan oleh deretan tentara, pelaut dan pedagang di Inggris dan akhirnya tersebar mendunia. Tepat di tahun 1904 FIFA atau Asosiasi tertinggi sepak bola di dunia dibentuk dan siap memulai ragam persaingan antar negara. Tak luput pula pada hasil ketentuan mengenai pemain yang antara lain:
  • Penjaga gawang 1 orang
  • Pemain tengah, pemain bertahan dan penyerang dengan jumlah yang disesuaikan oleh formasi kesebelasan
  • Jumlah pemain 11 dan harus ada seorang kapten.

Peristiwa penting dalam sejarah sepakbola dunia:

  1. Asosiasi Sepakbola Inggris terbentuk pada tahun 1863.
  2. Untuk pertama kalinya pertandingan di luar Inggris, yaitu pertandingan antara Kadana vs AS pada tahun 1885.
  3. Rapat pembentukan Asosiasi Organisasi Sepakbola tahun 1886.
  4. Pemimpin dalam sebuah pertandingan dan mempunyai kuasa penuh adalah seorang wasit, hal ini diputuskan pada tahun 1888.
  5. FIFA terbentuk pada tahun 1904 di Prancis. Anggota pertama FIFA adalah Prancis, Belanda, Spanyol, Swiss, Belgia dan Swedia.

Penemu Sepak Bola :

Hingga saat ini penemu Sepakbola masih belum ada, banyak sumber seperti Wikipedia menyebutkan Sepakbola pertama kali dimainkan di Tiongkok pada abat ke 2 dan 3. Namun untuk pembentuk asosiasi Sepakbola yang pertama kali adalah Inggris yaitu pada tahun 1863. Terdapat juga kabar dari suratkabar L´Osservatore Romano (28/06/2010) bahwa Suku Guarani di Paraguay sudah memainkan sepakbola pada tahun 1793, lebih tepatnya 70 tahun sebelum Inggris membuat sebuah Asosiasi.

Sejarah Sepakbola Indonesia:

Kisah tersebut tak berhenti di situ saja, karena pertandingan ini telah masuk ke Indonesia atas cerita-cerita di masa lalu yang bersejarah. Awal mulanya Sepakbola di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh kolonial Belanda, setelah itu permainan ini dimainkan oleh para pemuda Tionghoa dan oleh pemuda asli pribumi. Melalui Sepakbola terbentuk beberapa kumpulan di beberapa kota pada masa Hindia Belanda seperti di Surabaya tahun 1902, Batavia tahun 1904 dan Medan tahun 1907.
Tepat di era 1914  sepak bola semakin dikenal di tanah air, pada 20 April 1919 federasi federasi Sepakbola yang ada di Indonesia membentuk sebuah Organisasi bernama Nederlandsch-Indische Voetbal Bond (NIVB). Organisasi tersebut kemudian diakui secara resmi oleh pemerintahan Hindia Belanda pada 20 Oktober 1919. Kemudian secara resmi menjadi Anggota FIFA pada 19 April 1924 kemudian ditetapkan pada 24 Mei 1924. Pada saat itu yang menjadi Anggotra NIVB ada 7 yaitu Surabaya (SBV), Batavia (VBO), Semarang (SVO), Bandung (BVB), Malang, Yogyakarta, Sukabumi.
Pada 19 April 1930 oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo terpilih menjadi ketua persatuan sepakbola seluruh Indonesia atau PSSI di kota Yogyakarta dengan diikuti oleh ketujuh utusan klub di atas. Dalam tangan beliau, kegiatan sepak bola mengalami kemajuan baik dan di tangan para pemuda Indonesia yang tangguh hingga melewati beberapa kompetisi secara nasional, bahkan hingga internasional sekalipun.

Ukuran Lapangan Sepakbola Standar Nasional Internasional FIFA Beserta Gambarnya:

  • Panjang: 90 – 120 meter.
  • Lebar: 45 – 90 meter.
  • Lingkaran Tengah: radius 9,5 meter.
  • Panjang Kotak Penalti: 40 meter.
  • Lebar Kotak Penalti: 16,5 meter.
  • Jarak tendangan penalti: 11 meter.
  • Panjang Area Gawang: 18,32 meter.
  • Lebar Area Gawang: 5,5 meter.
  • Tinggi Gawang: 2,4 meter.
  • Lebar Gawang: 7,3 meter.

Ukuran Lapangan Sepakbola Standar Nasional

Pertandingan yang diadakan dalam skala dalam negeri bisa disebut juga standar nasional, lapangan yang digunakan dalam pertandingan ini biasanya memiliki ukuran yang sedikit lebih sempit dibandingkan dengan lapangan skala internasional. Ukuran panjang lapangan standar nasional yang digunakan yaitu kisaran antara 90m sampai 120 m untuk panjang dan lebar yang harus memenuhi yaitu antara 45 m sampai 90 m,  ukuran tersebut merupakan ketentuan yang sudah berlaku sejak lama. Secara rinci lapangan nasional memiliki ukuran sebagai berikut:
– Ukuran 9,15 m terletak digunakan untuk ukuran lingkaran tengah lapang
– Ukuran kotak kiper yang digunakan yaitu 18. 30 m x 5,5 m
– Kotak pinalti yang disediakan tepat didepan gawang memiliki ukuran 40,3 m x 16,5 m

Lapangan Sepak Bola Standar Internasional

Lapangan standar internasional pastinya memiliki ukuran yang sedikit lebih luas dibandingkan dengan lapangan skala nasional hal ini dikarenakan permainan skala ini jauh lebih dibuat menantang dnegan ukuran lapang yang luas. Kriteria ukuran lapangan sepakbola le adalah sebagai berikut:
– Ukuran panjang lapang yang memenuhi kriteria yaitu 100 m hingga 110m dengan lebar antara 64m hingga 75 m
– Ukuran gawang atau kotak kiper yaitu tinggi 2,44 m dan lebar 7,32m
– Ukuran kotak pinalti sama dengan lapangan standar nasional


0 komentar:

Posting Komentar

idhostinger