Halaman

selamat datang blog pribadi kangmardi

Senin, 13 Juli 2020

Menulis Itu Mudah


Pertemuan ke 19 malam ini belajar menulis dan menerbitkan buku dengan narasumber Bapak Drs. Jumanto, M.Pd. ketua PGRI Kabupaten Rembang.
Beliau mengawali rutiinitas menulis dari menulis puisi karena menulis puisi itu mudah dan setiap ada ide langsung ditulis selingan selain menulis puisi menulis cerita pendek. Tahun 2004 mendapat tantangan menulis buku ajar dari guru beliau Prof. Dr. Sarwiji Suwandi. Dengan bimbingan beliau, saya dapat menyelesaikan 3 buku ajar untuk SMP dan 5 buku ajar untuk SMA. Satu bulan pertama hanya menyelesaikan 1 buku ajar untuk kelas VII SMP/Mts. Buku ajar untuk  kelas VIII dapat saya selesaikan 2 minggu. Selanjutnya saya dapat menyusun naskah buku untuk kelas IX dan untuk SMA rata-rata dalam waktu 2 minggu. Buku-buku tersebut dinilaikan ke Pusat Perbukuan. Proses selanjutnya beliau belajar mengedit berdasarkan catatan-catatan dari tim penilai.

Bagaimana memulai menulis ?
Buatlah Outline buku yang akan Anda tulis!
Jika perlu buatlah sinopsis untuk ditawarkan ke Penerbit!

Ada pertanyaan mendasar yang harus direnungkan sebelum menulis agar buku yang kita tulis baik dan benar.
1.  Buku apakah yang akan ditulis?
2.  Untuk siapa buku ditulis?

Berdasarkan undang-Undang No 3 Tahun 2017 tentang sistem perbukuan, buku dibagi menjadi 3 yaitu
1.     Berdasarkan bentuk : buku cetak dan buku buku elektronik
2.     Berdasarkan jenis : buku pendidikan dan buku  umum
3.     Berdasarkan isi : buku ilmu pengetahuan, buku informasi, dan buku hiburan

Berdasarkan Permendikbud No. 8 Tahun 2016 tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan, Buku yang digunakan oleh satuan pendidikan terdiri atas,
1.     Buku teks pelajaran; sumber pembelajaran utama  untuk mencapai kompetensi dasar dan kompetensi inti dan dinyatakan layak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk digunakan pada satuan pendidikan
2.     Buku nonteks pelajaran; buku pengayaan untuk mendukung proses pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan dan jenis buku lain yang tersedia di perpustakaan sekolah

Simpulan
Menulis Itu Mudah
1.  Menulislah menulis dan menulis
2. Tulislah tema-tema yang ada di sekeliling kita.
3. Jagalah motivasi kita dalam menulis agar kita tetap bersemangat menulis.
4. Sebagai Guru banyak ide yang dapat ditulis menjadi buku. Setiap KD dapat dikembangkan menjadi 1 buku pengayaan.
5.     Buatlah outline agar tulisan terarah dan konseptual,  tulisan memiliki hubungan timbal balik yang disajikan dengan baik. Outline memudahkan penulis menciptakan klimak yang berbeda-beda. Dengan outline akan menghindari penggarapan topik lebih dari dua kali atau lebih dan outline memudahkan penulis mencari materi pembantu.
6.   Di saat menulis hindari niat untuk mengoreksi atau mengedit. Tulis terus ide yang sedang membara.
7.   Buku yang kita tulis sesuaikan dengan masa perkembangan bahasa calon pembaca buku kita. Sesuaikan dengan jenjang buku sesuai UU no 3 tahun 2017 tentang Perbukuan.
8.     Di masa sekarang banyak materi yang dapat kita kembangnya menjadi buku pengayaan terutama untuk membantu anak dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh.
9.     Kendala kita dalam menulis adalah Malas. Kita memiliki pengetahuan dan keterampilan menulis tetapi kita malas menulis.
10.  Untuk menjadi penulis bukan ditentukan bakat. Menjadi penulis karena kemauan kita untuk menulis menulis dan menulis akhirnya terampil menulis


5 komentar:

  1. Bagus pak, semoga sukses

    Silakan berkunjung ke
    https://aniksudarwati22.blogspot.com/2020/07/drs-jumanto-mpd-proses-menulis-dan.html

    BalasHapus
  2. Semangat ... resume yg bagus

    BalasHapus
  3. Keren pak, semangat menulis

    BalasHapus