Pages

Selamat Datang di website pribadi kang mardi

Jumat, 10 Juli 2020

Era Transformasi Digital Marketing

Pertemuan belajar menulis dan menerbitkan buku ke 18 malam ini dengan narasumber Agus Subardana, SE, M.M., CDS. Direktur Pemasaran penerbit Andi.
Pertemuan diawali dengan paparan dampak penjualan buku selama pandemi Covid 19. Pemasaran dapat dikatakan mati total, jaringan toko buku seluruh Indonesia selama kurun waktu hampir 4 bulan ini tutup. Banyak orang yang takut ke Toko buku yang ada Di Mall. Penurunan omset mencapai 70% - 80% banyak penerbit yang menghentikan distribusi ke toko buku. Bahkan beberapa penerbit terpaksa gulung tikar. Selama pandemi grafik penjualan di toko buku khususnya Gramedia mengalami gelombang pasang surut.

Dampak dari pandemi Covid 19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low touch, keharusan harus mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hinggar pergeseran di sektor-sektor industri terutam sektor industri perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke beberapa hal mulai dari tempat bekerja, cara belajara mengajar, kehidupan sosial hingga aktifitas sosial. Strategi utama yang harus dipakai adalah digital marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku.
Manfaat digital Marketing
- Biaya relatif terjangkau atau murah
- Daya jangkauan sangat luas
- Mudah menentukan target pasar buku yang akan kita tawarkan sesuai kategori.
- Komunikasi dengan konsumen lebih mudah
- Mudah dievaluasi dan dikembangkan
- Lebih cepat populer
- Sangat membantu meningkatkan penjualan 

Potensi buku sekolah terkait dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Penerbit bisa memberikan gambaran atau menyuplai buku untuk pengembangan perpustakaan.. Sekolah bisa mengalokasikan dana untuk membeli buku dengan dana BOS, penggunaan dana tersebut untuk membeli buku pendamping dan buku peminatan.

Penutup 
Menulis adalah berjuang, penulis adalah pahlawan yang akan dikenang selama-lamanya. Lembaran karya adalah medan pertempuran, pena adalah senjatanya. "Buku adalah gudang ilmu, kuncinya adalah membaca." Membaca adalah jendela dunia

3 komentar:

idhostinger