Halaman

selamat datang blog pribadi kangmardi

Jumat, 31 Juli 2020

6 Cara Menulis Buku Best Seller


Bismillahirohmanirohim Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahu akbar Allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad Amma ba'du nawaitu tholabul Ilmi lillahi ta'ala Al Fatihah rekan grup nya Om Jai di Gelombang 13 ya Selamat malam juga kepada kaum Jakarta Abang Panggilan saya terbiasa kepada Kang Bambang ya Abang itu singkatan dari a abang abang begitu Abang pada malam hari ini Insya Allah kita kan berbincang terkait dengan 6 kiat cara menulis buku best seller tentu saja ia ini bisa dipraktekkan jika rekan-rekan di seluruh Indonesia bisa menyimak dengan baik pekerjaan dan mudah-mudahan 6 kiat menulis buku best seller ini bagian dari pemahaman dan inspirasi Bagi siapapun yang menyimak pada malam hari ini princess satu jam kedepan terkait dengan bagaimanakah mercon literasi atau koleksi pribadi maka setidaknya ada tiga tujuan dalam buku Kalau rekan-rekan ingin mengembangkan budaya literasi atau koleksi pribadi silakan teman-teman membuat buku secara keroyokan bersama-sama ya yaitu satu Buku ditulis oleh 20 orang 15 orang atau 30 orang ini bagus sekali dalam upaya mengembangkan budaya literasi atau koleksi pribadi penerbit itu menerbitkan buku terganteng antologi ya apa saja yang bisa digunakan untuk kenaikan tingkat tentunya nanti kita bahas ya lebih mendalam pada sesi berikutnya tujuan yang ketiga ketika kita menulis buku karena memang kita mencari uang financial tidak salah ketika rekan-rekan berniat membuat buku itu untuk mencari penghasilan tentu saja untuk mencari penghasilan dari buku dari artikel dari tulisan-tulisan tidak diharamkan Bahkan dalam sebuah karya ilmiah yang atur sebuah hasil penelitian sebuah karya dianggap apa namanya viral bagus ketika memang laku di pasaran begitu semua temuan temuan teknologi semua teman-teman hasil penelitian pada akhirnya juga dipasarkan dinikmati oleh orang banyak jadi kalau rekan-rekan hanya membuat buku kemudian hanya pengembangan budaya literasi tetapi apabila rekan-rekan semua sudah mencoba menulis buku kemudian dipasarkan dan booming istilahnya best seller kalau dalam proses kegiatan buku itulah gol terakhir dari seorang penulis yang hebat sebenarnya yang bagus itu adalah penulis yang karyanya dinikmati oleh semua orang sudah mencapai bukan hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri
Kalau kita membuat buku manis buku hanya dinikmati sendiri bagus masih level harus ditingkatkan level bukan hanya bisa memproduksi tapi juga harus pandai memasarkan memasarkan buku adalah salah satu ilmu yang harus dipelajari juga oleh rekan-rekan semua jadi bukan hanya memproduksi buku bukan hanya Mas buku menerbitkan buku itu masih biasa-biasa saja yang luar biasa itu ketika dia seorang penulis sekaligus juga bisa memasarkan buku itu om ja itu di atasnya luar biasa hebat ya beliau sudah bisa produksi menulis kemudian juga membacakan buku dan beberapa Bukunya udah salah bila fokus di blogger kemudian juga dia fokus di Informatika branding ini Yang penting rekan-rekan harus memiliki branding yang bisa menunjukkan bahwa siapa diri kita sebenarnya seperti itu
Dikatakan belikan menulis buku tujh buku 4 dan pukul 5 belum dapat revisi lagi nantinya kita masih berpijak kepada 10 jenis buku pendidikan yang bisa dijadikan sebagai angka kredit semua jadi buku pendidikan yang dapat nilai angka kredit namanya karya bersama buku karya bersama adalah buku yang buku pendidikan yang ditulis maksimal oleh empat orang penulis artinya utama akan memperoleh 40% penulis kedua pembantu atau kedua ketiga itu 20% jadi untuk karya bersama ini hanya akan diperoleh angka kreditnya jika ditulis oleh 4 orang ini jelas sekali kalau buku antologi yang ketika memang kroyokan 20 orang 50 orang begitu itu tidak masuk ke karya bersama * akar bersama itu hanya 2 orang 3 orang dan maksimal 4 orang begitu yang disampaikan di dalam buku empat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kemudian akan datang PTK dan best practice adalah publikasi hasil penelitian dalam bidang pendidikan yang dilaksanakan di sekolah ini ada nilainya ya jadi ketika rekan-rekan memiliki hasil penelitian yang ber isbn gitu itu memiliki akar kreditnya 4 Kemudian Kemudian kalau misalnya di jurnal ilmiah ya yang terakreditasi 3 ini ada urutan-urutannya sehingga ini sudah ditentukan oleh pemerintah terkait dengan ketika rekan-rekan membuat PTK atau best practice jika rekan-rekan ya menulis ilmiah populer atau artikel ini ju kalau kita dimuat di koran tersebut arak-arakan membuat teks pelajaran buku apa namanya di beli-beli naskah bukan royalti sehingga ketika bukan itu lolos dari hanya mendapat uang sesuai dengan tujuan A K plus tambahan budget anggaran ketika lolos ke Jakarta mau tidur nanti menerbitkan buku teks pelajaran tentu ber-isbn dapat nilai 3 namun kelihatannya agak agak susah untuk teks pelajaran karena memang sekarang untuk pelajaran sudah didominasi oleh pemerintah Tetapi ada satu hal yang bisa diimbangi yaitu tentang pendalaman materi atau pengayaan materi pendamping materi pelajaran ini pun bisa menjadi salah satu buku yang bisa dijadikan untuk kenaikan tingkat semuanya jenis buku yang bisa dijadikan untuk kenaikan tingkat adalah kita ketika membuat modul atau Diklat ya ini Angka kreditnya cukup luar biasa Untuk mudah digunakan tingkat provinsi 1,5 kalau digunakan untuk tingkat kota Kabupaten 1 dan kalau digunakan untuk sekolah kita itu 0,5 a lumayan ya jadi 0,5 pun kalau kita bikin Diklat modul gitu insya Allah nanti akan memperoleh angka kredit Bagaimanakah sistematika nya insya Allah nanti kita bahas sama-sama ya terkait teknik cara membuat modul atau Diklat atau buku-buku yang lain tragedi stain otobiografi kita sebagai pengajar itu termasuk pada buku-buku bidang pendidikan yang tentunya buku-buku ini bisa digunakan untuk kenaikan tingkat pada suatu saat nanti buku lain yang bisa digunakan untuk kenaikan tingkat namanya karya terjemahan Yaitu dapat dilihat satu gandakan buku pedoman guru ini juga bisa digunakan untuk kenaikan tingkat kita jatuh angka kreditnya 1,5 arak-arakan selanjutnya kita coba bahasa terkait dengan buku karena memang di buku best seller ini itu ada royaltinya kan siap langsung masuk kantong para penulisnya begitupun Pada penerbitnya senang sekali kalau buku yang diterbitkan nya ternyata termasuk buku best seller dari seorang penulis hormati berikutnya ingin saya kupas sedikit tentang enam cara menulis buku besar RI yang pertama adalah menulis buku dua kali ya dua jam * 10 hari itu lebih baik daripada beli buku 10 jam * 2 hari artinya Ketika rekan-rekan menulis buku itu cukup 2 jam sehari * 10 hari itu lebih baik daripada rekan-rekan mulus buku itu 10 jam * 2 hari Nah tahapan-tahapan seperti ini sangat mendukung agar buku kita bisa berjalan maka omjay pernah menyampaikan bahwa menulis buku setiap hari dan apa dampak dari perusahaan itu nah salah satunya adalah Saya menyarankan kepada rekan-rekan semuanya itu lebih baik Istiqomah 2 jam sehari Mas buku daripada 10 jam dalam buku dalam jangka 2 hari kedua rekan-rekan semuanya di dalam mulut buku best seller miliki Dan kumpulkan buku tematik agar mudah menambah wawasan pada saat menulis buku yang sejenis jadi hatinya ketika kita menulis buku biasa kan kita sudah menyiapkan beberapa buku penunjang agar tulisan kita semakin bagus dan berkualitas nah semua maka disarankan oleh saya kepada rekan-rekan biasakan memiliki kliping atau buku buku tematik yang akan menambah kualitas wawasan kita terhadap buku yang sejenis Biasanya kalau rekan-rekan ingin menulis tentang artikel panduan artikel apa itu artikel maka rekan-rekan memiliki juga daftar buku atau tulisan tulisan orang lain ya tentang artikel sehingga ini akan menambah kualitas dan bobot sebuah tulisan
Hal yang bisa dilakukan oleh rekan-rekan dalam menulis buku besar ini kuncinya rekan-rekan ketika kita kan best buku agar buku kita memang menjadi amal jariyah biasa akan meminta izin terlebih dahulu kepada pasangan kita kemudian hal lain yang sering dilakukan oleh para ulama para Kyai para sahabat Rasulullah pada saat menulis Kitab buku-buku itu mereka pada umumnya ketika memiliki atau mau menulis buku itu selalu memiliki wudhu Kenapa kamu jahat memiliki wudhu Berdasarkan informasi yang saya peroleh itu para ulama yang terbiasa menulis apa namanya menulis buku dengan memiliki wudhu Insyaallah bukunya sangat panjang lebih panjang daripada usianya begitu juga seringkali lupa itu Bu kalau mau nulis buku belum punya wudhu tapi kadang-kadang kalau ingat langsung wudhu karena ketika kita memiliki wudhu mengembangkan tulisan kita sehingga betul-betul bermanfaat dan tulisan kita dituntut oleh Allah subhanahu wa ta'ala rekan-rekan yang terakhir kiat menulis buku best seller adalah ketika kita mengalami kesulitan ketika kita mengalami mental block begitu ya sudah nulis tapi nggak nggak kelar-kelar gitu nah salah satunya Saya menyarankan menulis resume buku karya orang lain dengan tema yang sejenis sesuai dengan buku yang sedang kita tulis artinya ketika kita agak mandek di dalam menulis buku teman-teman harus mencari buku yang sejenis tapi bukan hanya membaca sebenarnya kalau hanya membaca ngantuk nanti tapi oleh rekan-rekan dibuat sebuah rusukmu dari buku yang selevel atau yang sejenis dengan apa yang sedang kita tulis dengan begitu dengan adanya sumur kita bisa mengembangkan tambahan-tambahan apa yang diperlukan dalam buku kita kan ada pemahaman yang agak agak salah paham begitu ya ada istilah Kesuma ada istilah ringkasan ada rangkuman ada ih bisa main yang yang perlu dipahami juga oleh rekan-rekan di grup ini Om ja itu kan meminta kepada kita semua kalau beres apa namanya seorang narasumber memberikan keilmuannya maka diminta resmi apa sih kan terus terus ngomong adalah menulis ringkasan dari tulisan yang panjang dengan cara mengambil bagian pokoknya saja dalam pertumbuhan nggak boleh ditambah pendapat pribadi penulis nya begitu jadi memang diringkas tetapi tetapi yang memang harus dimunculkan adalah pokok-pokoknya saja sedangkan ikhtisar adalah menulis ringkasan dengan cara menuliskan pokoknya berdasarkan pemahaman sendiri nah bedanya itu Jadi kalau diisi Sari itu pokoknya tetapi pengalaman pemahaman sendiri itu dengan bahasa sendiri itu ikhtisar Tetapi kalau cuma berarti rekan-rekan menuliskan pokok-pokok penting dari yang dibicarakan oleh seorang narasumber tetapi jangan ada tambahan pribadi kita karena itu menyalahi konsep dari resume Ketika saya membaca beberapa rumah teman-teman di grup gitu ya alhamdulillah itu sudah cocok begitu dan nanti ada penilaian dari omjay kira-kira lu sama siapa yang paling bagus karena itu semua yang menarik itu adalah ilmu yang bukan hanya judulnya menarik tetapi juga bagaimana penyampaian sistematika agar pokok pokok yang disampaikan oleh Narasumber itu bisa ditangkap yang lebih mudah oleh pembaca yang lain terutama nanti ketika dengan akan mengirimkan di blog saya berbicara tentang bagaimana sih langkah di awal pembicaraan penulis atau pembicara itu bisa tampak sekali begitu kemudian yang keempat rekan-rekan ya menuntut ilmu dengan singkat dan padat di rangkuman-rangkuman di buku-buku itu juga bagi anda cuma hanya semuanya memang di dipadatkan difokuskan sehingga hanya cukup satu satu baris atau 2 baris aja Nah kalau memang langkah keempat sudah selesai terus tumbuh kemudian dipublikasikan ya bisa diblok bisa di Facebook bisa di berbagai tempat Karena ini sebagai latihan yang bagus tuh ketika kita membuat resume dari karya orang lain ya pembicara atau dari buku kemudian di publikasikan di blog kita atau di tempat-tempat yang bisa dibaca dan bermanfaat bagi teman-teman yang lainnya rekan-rekan semuanya di dalam proses pembuatan buku ada penulis buku yang pemula ada yang pemuda pemudi buku itu ya tetapi di grup saya itu saya melakukan sebuah terobosan baru bagaimana teman-teman pemula itu oleh dibimbing penulis buku selama 4 bulan Kemudian mereka diberi outlinenya korban bukunya begitu setelah bayar 4 bulan kemudian buku itu dicetak dan diterbitkan saya tidak bermain di penerbit dan saya mau dipersilahkan ketika teman-teman sudah beres Aku punya menjadi buku yang layak sebagai buku selalu memberikan kesempatan kepada teman-teman Silakan cari penerbit yang apa bisa menerbitkan buku tersebut Apakah nanti Mayor atau penerbit pribadi makan setelah berbincang dengan penerbit Andi ya Mas Agus sekali beliau memberikan gambaran Bagaimana penerbit Andi di dalam proses pengembangannya seperti itu karena itu dengan semua Terima kasih sekali dan alhamdulillah dengan adanya apa namanya kegiatan kegiatan bimbingan buku ini banyak rekan-rekan di grup saya juga lama sudah Om Jai bisa mengembangkan tulisannya demikian rekan-rekan semua pada malam hari ini yang bisa saya sampaikan mudah-mudahan bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar