Pages

Selamat Datang di website pribadi kang mardi

Kamis, 26 Maret 2020

Pola Makan Sehat Bergizi dan Seimbang



Makanan adalah sesuatu yang dikonsumsi yang masuk ke tubuh kita setiap hari. Manusia membutuhkan makanan untuk mendapatkan energi dalam aktivitasnya. Tanpa makan manusia akan lemas dan tidak dapat melakukan aktivitasnya karena tidak adanya energi di dalam tubuhnya. Makanan juga sangat penting dalam membantu pertumbuhan manusia. Dalam masa pertumbuhan penting sekali untuk memperhatikan konsumsi makanan yang akan dimakan. Perhatikan pola makan dan konsumsilah makanan yang bergizi seimbang. Dengan pola makan sehat dan teratur akan menghindarkan anda pada berbagai penyakit yang diakibatkan oleh pola makan yang tidak teratur, dengan mempunyai tubuh yang sehat kita bisa melakukan berbagai macam aktifitas dengan penuh semangat.

Zat-zat makanan yang dibutuhkan tubuh manusia yaitu:
1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber tenaga dan pertumbuhan. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat adalah makanan pokok, contoh makanan sumber karbohidrat adalah nasi, jagung, sagu, dan tiwul.

2. Protein
Protein adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh guna proses pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang telah rusak. Kandugan protein banyak terdapat di dalam lauk, misalnya daging, ikan, tahu, tempe, dan juga pada susu.
3. Lemak
Fungsi lemak dalam tubuh yaitu dipakai sebagai cadangan makanan dan sumber panas. Jenis makanan yang banyak mengandung lemak yaitu banyak dihasilkan dari kacang-kacangan, keju, kelapa, dan daging.
4. Mineral
Mineral perlukan oleh tubuh untuk proses pertumbuhan tulang dan gigi untuk anak-anak. Kandungan mineral banyak terdapat di dalam makanan yang berkuah.
5. Vitamin
Vitamin diperlukan tubuh sebagai makanan tambahan. Fungsi vitamin adalah sebagai pemelihara kesehatan. Jenis makanan yang banyak mengandung vitamin yaitu banyak terdapat dalam buah-buahan, sayur-sayuran, ikan, dan daging. Kebutuhan vitamin akan meningkat secara bertahap sesuai dengan bertambahnya usia. Kebutuhan akan vitamin yang tidak mencukupi akan menimbulkn kekurangan vitamin atau hipovitaminosis. Tetapi jika vitamin yang diserap tubuh berlebihan akan menyebabkan keracunan atau hipervitaminosis

0 komentar:

Posting Komentar

idhostinger